Minggu, 04 Maret 2018

(Un)Forgetable Zone, Liputan Kritis a la Mahasiswa


(Un)Forgetable Zone adalah liputan karya Rainda Regina Fructie Amoriella, Ni Putu Indah Anggaraeni, dan Chandra Dharmawan Sasmito yang dibuat untuk memenuhi tugas dalam pelatihan Video Jurnalistik yang diadakan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya dengan Ring Fokus club jurnalistik televisi. Tim ini membuat liputan tentang Taman Remaja Surabaya makin sepi pengunjung.

Sebelum karya ini dibuat, mereka diminta mengajukan dua buah topik yang harus mereka siapkan dengan baik. Topik pertama aalah topik utama yang akan diliput. Sedangkan topik kedua adalah topik cadagan jika yang pertama gagal diliput. Sejak awal tiap tim harus merumuskan alasan pemilihan topik hingga menyiapkan nara sumber.

Di sana-sini memang masih banyak kekurangan. Misalnya gambar-gambar yang belum memenuhi unsur komposisi gambar video yang baik, editing yang masih jumping, serta gambar yang shaky atau banyak goyang.

Topik (Un)Forgetable Zone kami, Ring Fokus dan AJI Surabaya, anggap kritis dalam pemilihan tema. Ketika tim lain memilih meliput ragam kuliner atau café, tim ini justru memilih topik yang tidak terpikir oleh tim lain. Selain itu, tim mampu mengemas topik yang terkesan membosankan menjadi berbungkus ceria dengan gaya anak muda. Bagi kami, mereka jenius. Karena sebagai pemula, mereka sudah mampu mengusulkan ide yang belum tentu disampaikan sebayanya.


Pelatihan diadakan di kampus FIKOM UKWMS pada 1, 8, dan 15 Maret 2018. Pelatihan diikuti 27 peserta yang terbagi dalam 9 kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar